SOSIALISASI AKM/ANBK

Martapura. Pada Senin, 12 April 2021, Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan Sosialisasi Persiapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang bertempat di Aula K. H. Anang Jazouly Seman Perkantoran Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar.

Kegiatan Sosialisasi seyogyanya dibuka langsung oleh plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Liana Penny, ST., MS, namun karena beliau sedang mengikuti kegiatan diklat, sehingga acara dibuka oleh Kepala Seksi Kurikulum, Penilaian, dan Peserta Didik, Fathurrahman, M.Pd.


Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh Kepala SMP negeri dan swasta se Kabupaten Banjar yang berjumlah sebanyak 74 orang dan petugas proktor setiap sekolah tersebut. Kegiatan dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu Sesi pertama yang dilaksanakan mulai jam 09.00 s.d. 12.00 WITA untuk Kepala Sekolah sebagai pengambil kebijakan dan penanggung jawab kegiatan ANBK. Untuk proktor dilaksanakan pada sesi kedua pada jam 13.00 s.d. 16.00 WITA yang diisi dengan materi teknis pelaksanaan ANBK di sekolah.


Materi sosialisasi untuk Kepala sekolah diberikan oleh pihak LPMP, Ahmad Gafuri, S.Pd yang menyampaikan tentang kebijakan ANBK. Pada kesempatan tersebut Gafuri juga menyampaikan tanggal pelaksanaan ANBK untuk tingkat SMP sederajat, yaitu tanggal 27-30 September 2021.Sedangkan peserta ANBK tersebut adalah peserta didik yang duduk di kelas 8 tahun pelajaran 2021/2022. Jumlah peserta setiap sekolah adalah 45 orang dan ditambah 5 orang cadangan.


Pada Sesi kedua yang diperuntukkan bagi proktor sekolah, materi teknis yang disampaikan oleh Ahmad Syauqi, petugas helpdesk ANBK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan. Diantara materi tersebut adalah teknis pelaksanaan ANBK, antisipasi jika terjadi permasalahan, dan apa saja yang harus dikerjakan oleh seorang proktor dan teknisi ANBK.


Peserta proktor juga diberi keterampilan berupa praktik langsung pemasangan aplikasi ANBK pada komputer server, melakukan beberapa pengaturan (setting) pada server dan klien.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama